Subscribe:

Labels

Sabtu, 29 Januari 2011

Kecurangan-kecurangan di dunia IT




Sebelum kita membahas lebih jauh mari kita mengingat sejenak kisah “Robin hood”, dimana di satu sisi dianggap sebagai penjahat. Tp disisi yg lain dia adalah pahlawan……

Menanggapi cerita diatas maka kasus kecurangan IT sendiri mirip dgn kisah “Robin Hood”. Dimana di satu sisi merupakan sebuah kecurangan, tp disisi yg lain merupakan “kecerdikan”. Contoh kasus dalam kecurangan IT yaitu :

“Sebuah perusahaan di bidang keuangan (kita sebut saja “X”) meminta dibuatkan sebuah aplikasi kepada IT Consultant (kita sebut saja “Y”) . Y menyanggupi kontrak tersebut dgn jangka waktu pengerjaan 3 bulan. Waktu terus berjalan sampe akhirnya deadline kontrak sudah dekat dan Y akan mempresentasikan aplikasi yg diminta oleh X.

Setelah presentasi selesai X sangat puas dengan hasil Y. Tanpa menyadari bahwa Y membuat aplikasi masih “setengah jadi”, padahal kontrak sudah selesai. Setelah digunakan selama beberapa bulan timbul masalah dimana aplikasi yg ada saat ini memiliki kekurangan dimana tidak semua fungsi berjalan dan hanya dapat diakses oleh sedikit user. Padahal perusahaan ingin semua karyawan dapat mengakses aplikasi tersebut.Karena bingung mw mencari IT consultant yg lain dan malah menambah biaya lg untuk perancangan dari awal,maka dengan berat hati X menyetujui kontrak dari Y untuk pembuatan modul/fungsi yg belum dapat berjalan pada aplikasi yg sudah dibuat.

Di sisi X sangat dirugikan karena harus melakukan kontrak lg dgn menambah biaya untuk pembuatan fungsi baru dan biaya yg semakin besar, Jika berganti IT consultant maka aplikasi sebelumnya bakal tidak berguna dan membuang2 dana yg cukup besar.

Sedangkan di sisi Y ini merupakan kesempatan yg sangat bagus karena bakal mendapatkan banyak sekali proyek, jd jika 1 proyek selesai bakal muncul lg proyek2 lainnya.Dari sini kita dapat menyimpulkan bahwa “kecurangan” sendiri memiliki arti yg berbeda jika kita melihat dari sudut pandang yg berbeda pula.”

Kyaknya segini dulu yg dapet gw ceritain mengenai “kecurangan di dunia IT”, mohon maaf kalo ada kata yg salah ya….

2 komentar:

Unknown mengatakan...

Tau dari mana bung??? lumayan juga artikelnya. bisa nambah wawasan biar gak curuang... hehehehehehe... mampir yo dul..

Unknown mengatakan...

@fatihur Rohmat
pengalaman cok...
yoh,sering2 mampir nang blogku.

Posting Komentar

tinggalkan koment okay. . .plus email.
sebagai pembaruan..dan share ..